Pada bagian ini saya akan menjelaskan dasar dari cara
kerja mesin 2 langkah (2 Tak) itu,
- Penghisapan pada Kompresi dalam cylinder
Pada saat piston bergerak keatas, lubang pemasukan
(Inletport) mulai terbuka sehingga campuran bahan bakar segar masuk kedalam
ruang poros engkol.
Pada waktu yang bersamaan campuran bahan bakar yang
mengalir kedalam cylinder dikompresikan keatas keruang pembakaran oleh langkah
piston,
- Tenaga dan Kompresi pada poros engkol
Sesaat sebelum
piston mencapai TMA, campuran bahan bakar yang sudah di kompresikan terbakar,
karena percikan api pada busi sehingga mendorong piston kebawah, semakin piston
bergerak ke bawah , lubang pemasukan tertutup dan mulai terjadi lagi kompresi
pada ruang poros.
- Pembuangan dan Kompresi pada poros engkol
Pada saat piston
bergerak semakin turun, lubang pembuangan terbuka dan gas sisa pembakaran
keluar melalui lubang pembuangan. Pada waktu yang bersamaan, campuran bahan
bakar segar di kompresikan dalam ruang poros engkol.
- Pembilasan
Pada waktu
piston bergerak semakin turun lubang saluran pembilasan terbuka, oleh karena
itu campuran bahan bakar yang sudah dikompresikan pada ruang poros engkol
tertekan dan mengalir kedalam cylnder melalui saluran pembilasan mendorong gas
sisa pembakaran keluar dari cylinder. Proses pendorong keluar gas sisa
pembakaran oleh campuran bahan bakar bisa di sebut “ SCAVENGING”
0 komentar:
Posting Komentar