Rabu, 12 Juni 2013

Dasar Kerja Mesin 2 Langkah (2 Tak)

Pada bagian ini saya akan menjelaskan dasar dari cara kerja mesin 2 langkah (2 Tak) itu,

  • Penghisapan pada Kompresi dalam cylinder


Pada saat piston bergerak keatas, lubang pemasukan (Inletport) mulai terbuka sehingga campuran bahan bakar segar masuk kedalam ruang poros engkol.
Pada waktu yang bersamaan campuran bahan bakar yang mengalir kedalam cylinder dikompresikan keatas keruang pembakaran oleh langkah piston,



  • Tenaga dan Kompresi pada poros engkol


Sesaat sebelum piston mencapai TMA, campuran bahan bakar yang sudah di kompresikan terbakar, karena percikan api pada busi sehingga mendorong piston kebawah, semakin piston bergerak ke bawah , lubang pemasukan tertutup dan mulai terjadi lagi kompresi pada ruang poros.



  • Pembuangan dan Kompresi pada poros engkol

Pada saat piston bergerak semakin turun, lubang pembuangan terbuka dan gas sisa pembakaran keluar melalui lubang pembuangan. Pada waktu yang bersamaan, campuran bahan bakar segar di kompresikan dalam ruang poros engkol.



  • Pembilasan


Pada waktu piston bergerak semakin turun lubang saluran pembilasan terbuka, oleh karena itu campuran bahan bakar yang sudah dikompresikan pada ruang poros engkol tertekan dan mengalir kedalam cylnder melalui saluran pembilasan mendorong gas sisa pembakaran keluar dari cylinder. Proses pendorong keluar gas sisa pembakaran oleh campuran bahan bakar bisa di sebut “ SCAVENGING”






0 komentar:

Posting Komentar